Saturday, January 19, 2013

RUNTUHNYA KEJUJURAN BAGI PARA KORUPTOR


Dewasa ini, korupsi adalah masalah serius di banyak negara-negara di Asia. Begitu seriusnya, perkembangan korupsi telah mengancam stabilitas dan keamanan nasional maupun internasional, melemahkan institusi dan nilai-nilai demokrasi dan keadilan serta membahayakan pembangunan selanjutnya dan penegakan hukum. Dalam pandangan Peter Eigen, sampai batas-batas tertentu korupsi tidak hanya mengancam lingkungan hidup, hak asasi manusia, lembaga-lembaga demokrasi tetapi juga menghambat pembnagunan dan memperparah kemiskinan jutaan orang di seluruh dunia.
Di Indonesia, misalnya, dari waktu ke waktu praktik korupsi telah merjalela dan hal tersebut menimbulkan banyak problematika di Indonesia. Terutama dalam masalah perekonomian Indonesia yang semakin tahun semakin memburuk, hal ini tidak dapat dipungkiri lagi masalah korupsi menjadi salah satu diantaranya. Para koruptor yang memakan uang rakyat hanya bisa menikmati kesenanganya semata, tanpa memikirkan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya sebagai seorang pejabat yang seharusnya mampu untuk memegang amanah tetapi malah memakan uang rakyat. Banyak kasus-kasus di Indonesia ini tidak hanya mengenai korupsi semata, tetapi masalah politik yang begitu pekik yang membuat hati masyarakat tak tenang akan pemberitaan yang simpang siur. Semua masalah yang terjadi di Indonesia tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah namun juga masyarakat harus mampu untuk dapat membantu masalah yang terjadi di Indonesia ini.
Pada tahun 2013 ini Indonesia mengalami degradasi moral, padahal modal utama untuk menduduki jabatan publik adalah etika dan integritas, namun demikian pada saat ini para koruptor tidak lagi malu atas perbuatanya. Koruptor tidak lagi memiliki rasa kejujuran untuk mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi, malah mereka mencari cari kesalahan dan menunjuk tersangka korupsi lainnya. Sebut saja Nazaruddin yang menjadi tersangka korupsi Wisma Atlet yang mencari cari tersangka lainnya. Hal tersebut yang membuat permasalahan di Indonesia ini tak kunjung henti, masalah politik yang semakin memanas dan juga masalah bencana-bencana alam lainnya. Seluruh aspek permasalahan yang ada di Indonesia ini harus diselesaikan secara bersama-sama baik antara Pemerintah dan juga masyarakat. Masyarakat jangan hanya menuntut tetapi masyarakat juga harus memberikan kemudahan bagi pemerintah.
Musuh bersama itu bernama korupsi dan realita dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh berbagai macam lembaga, menunjukan keprihatinan yang mendalam bahwasanya Indonesia menjadi salah satu negara terkorup di dunia. Hal tersebut memberikan kesedihan bagi masyarakat Indonesia. Ditambah lagi dengan para koruptor yang tidak memiliki kejujuran dalam setiap pengakuannya di pengadilan, sungguh menyedihkan. Bagaimana seorang pejabat yang asik dalam duniannya kemudian ketika masalah korupsi mereka menjadi salah satu bagian dari pada koruptor, dan perbuatan mereka yang tercela akan berdampak negatif bagi masyarakat di Indonesia, ditambah lagi dengan sikapnya yang tidak jujur. Di Indonesia ini telah runtuh nilai dari sebuah kejujuran, seharusnya koruptor yang menjadi tersangka harus bisa jujur atas perilaku yang telah dilakukannya. Bangsa Indonesia ini tidak akan pernah mengalami suatu kemajuan apabila orang-orang yang menempati Indonesia tidak dapat menerapkan nilai-nilai moral yang ada. Apakah mereka tidak takut akan hukum yang ada di Indonesia ini. Seharusnya para koruptor harus bisa lebih memahami akan pentingnya Undang-Undang Dasar karena itu merupakan pokok yang terpenting bagi bangsa Indonesia.
Harta kekayaan yang berlimpah menjadi alasan para koruptor untuk melakukan hal tersebut. Padahal begitu banyak anak-anak yang terlantar, tidak dapat mengenyam pendidikan dengan baik dan juga banyak yang tidak dapat merasakan nikmatnya tidur dengan beralas kasur. Angka kemiskinan tiap tahun semakin meningkat, anak-anak jalanan yang mengamen di tiap-tiap lampu merah khususnya di daerah tempat penulis tinggal yaitu Nusa Tenggara Barat tepatnya di Kota Mataram. Menurut penulis angka kenaikan jumlah anak jalanan yang semakin meningkat tiap tahunnya. Didaerah Kota Mataram semakin banyak anak-anak jalanan yang mengamen demi sesuap nasi, penulis juga sering mengikuti kegiatan sosial yang diadakan oleh organisasinya Dewan Anak Lombok Barat dimana seluruh anggota Dewan Anak Lobar memberikan yang terbaik bagi anak bangsa. Namun terkadang penulis merasakan kesedihan akan masalah yang terjadi pada Bangsa Indonesia ini, terutama kasus korupsi yang tak kunjung henti. Seharusnya pejabat harus dapat menepati janji-janji mereka kepada masyarakat, jangan hanya datang kepada masyarakat kecil ketika diadakannya PEMILU saja namun harus bisa lebih memprihatikan masalah-masalah yang terjadi pada rakyat. Ketika seorang pejabat telah dipilih oleh rakyat kebanyakan mereka lupa akan janji-janjinya, hal itu yang membuat rakyat geram dengan janji-janji para pejabat. Ditambah lagi denga masalah korupsi yang akhir-akhir ini menimpa pejabat di Daerah maupun di Ibukota. Penulis merasa bahagia ketika mendengar telah dibangun penjara “LAPAS SUKAMISKIN” yang terletak di Jawa Barat. Terlebih lagi Lapas tersebut digunakan bagi para koruptor. Hal ini sangat membantu Pemerintah dalam mencegah terjadinya korupsi karena dengan adanya Lapas ini dapat memberikan rasa malu bagi para koruptor.
Nilai Kejujuran dalam kehidupan harus ditegakkan terlebih lagi bagi para pejabat yang harus menjujung tinggi nilai kejujuran yang mereka miliki, dengan adanya kejujuran maka akan menimbulkan dampak positif. Masalah politik yang ada di Indonesia akan semakin membaik jika memiliki rasa tanggung jawab dan juga kejujuran dalam setiap amanah yang dipegang. Jika kita mampu untuk merefleksikan nilai kejujuran yang merupakan kebenaran universal, tentu akan menjadi kekuatan yang mampu menggetarkan sendi-sendi kehidupan Bangsa menuju Indonesia yang lebih baik.
“Oh oh ya oh ya oh ya bongkar!
Penindasan serta kesewenang wenangan
Banyak lagi teramat banyak untuk disebutkan
Hoi hentikan hentikan jangan diteruskan
Kami muak dengan ketidakpastian dan keserakahan”
(cuplikan lagu Bongkar)Iwan Fals

Dari lirik lagu ciptaan Iwan Fals memberikan pesan bagi para koruptor untuk tidak menindas rakyat Indonesia dengan sewenang-wenangnya. Lagu tersebut sangat memberikan pesan yang sangat berarti bahwasanya para koruptor harus mampu untuk menghentikan aksinya dalam memakan uang Negara yang dapat merugikan bangsa Indonesia ini. Semua masyarakat Indonesia telah geram dengan aksi-aksi para koruptor yang memakan uang rakyat, dan menimbulkan permasalahan ekonomi yang berkepanjangan.
Masalah politik di Indonesia ini diharapkan untuk tetap menemukan titik terang permasalahan agar tidak terjadi konflik-konflik yang tidak diinginkan. Semua harus dilakukan dengan kejujuran. Indonesia harus mampu untuk menciptakan nilai-nilai kejujuran dalam setiap aktivitas. Baik dalam dunia Politik maupun dalam dunia Pendidikan. Sejak TK hingga SMA, pelajar di Indonesia harus ditanamkan lagi nilai-nilai kejujuran agar terciptanya Indonesia yang bebas dari masalah Korupsi. Tidak hanya dalam masalah korupsi tetapi permasalahan yang ada seperti PEMILU yang akan diadakan pada tahun 2014, harus dilandaskan dengan nilai-nilai kejujuran agar pada saat memilih Presiden dan Wakil Presiden tidak menimbulkan kecurangan. Dan diharapkan pada tahun 2013 ini masalah Politik yang ada di Indonesia akan semakin membaik dan menunjukan titik terang.
Dan juga para pemuda maupun pemudi harus mampu untuk ikut serta dalam membantu Pemerintahn untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, masalah Politik yang terjadi di Indonesia ini tidak saja mengharuskan untuk orang dewasa yang mengkonsumsi berita-berita yang ada di media masa, tetapi para remaja sangat baik jika memiliki keinginan untuk membantu mencapai Indonesia yang lebih baik di masa depan. Dengan pemuda dan pemudi yang ikut serta dalam membantu masalah-masalah yang ada di Indonesia akan dapat memberikan  kemudahan bagi para Pemerintah untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Setiap anak memiliki hak partisipasi untuk dapat mengemukakan pendapatnya, hak ini harus dapat dipenuhi. Jika dari usia remaja telah memikirkan akan keadaan bangsa Indonesia ke depan, hal ini yang sangat memberikan dampak positif dikemudian hari dimana remaja tidak hanya saja memikirkan akan dunia hiburan yang ada tetapi memfokuskan diri pada sebuah permasalahan yang terjadi di Indonesia ini. Dengan semakin banyak anak Indonesia yang peduli terhadap masa depan bangsa ini, maka bangsa Indonesia di masa yang akan datang akan dipimpin oleh tunas bangsa yang memiliki semangat juang dalam membela bangsa Indonesia. Dengam begitu Indonesia semakin lebih memahami akan pentingnya nilai sebuah kejujuran. Semangat kejujuran demi terwujudnya Indonesia yang bebas korupsi.


       


No comments:

Post a Comment