Thursday, January 24, 2013

Batik Sebagai Warisan Budaya Kemanusiaan


Pada zaman era globalisasi ini, banyak sekali perubahan yang telah terjadi dari tahun 90-an hingga sekarang tahun 2000-an telah banyak yang berubah, terlebih budaya-budaya yang ada di Indonesia banyak yang telah punah. Hal itu dikarenakan pengaruh dari budaya-budaya barat, warisan nenek moyang kita telah banyak yang pudar dengan bermuculan dimana-mana budaya barat yang tidak memberikan contoh yang baik. Namun hal itu tak dapat dipungkiri, semakin bertambah tahun maka masyarakat Indonesia juga akan berubah dalam budaya nya maupun dalam moral dan etika. Dengan bertambahnya tahun tidak mungkin bangsa Indonesia akan sama seperti yang dahulu, secara otomatis bangsa Indonesia ini akan berubah. Berbicara mengenai hal ini kali ini penulis akan membahas mengenai batik (www.berbatik.com) sebagai warisan budaya.
Batik (www.berbatik.com) merupakan peninggalan dari abad 13 atau sebelumnya, batik (www.berbatik.com)sangatlah indah karena menurut penulis hanya Indonesia saja yang memiliki khas dalam budaya yaitu memiliki batik (www.berbatik.com) dengan bangsa Indonesia ikut melestarikan batik (www.berbatik.com) berarti sudah ikut membantu mencintai batik Indonesia. Hingga UNESCO telah menetapkan batik (www.berbatik.com) sebagai warisan budaya kemanusiaan. Hal ini sangat perlu diberikan apresiasi tinggi karena budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Hingga Ibu Presiden Hj. Ani Yudhoyono, sangat mencintai batik (www.berbatik.com). Hingga beliau pernah menulis sebuah buku mengenai batik (www.berbatik.com) . Sungguh luar biasa. Kita sebagai generasi penerus bangsa dimana nantinya kita yang akan meneruskan Indonesia ini dianjurkan untuk tetap melestarikan warisan budaya nenek moyong yaitu batik (www.berbatik.com). Batik (www.berbatik.com) memiliki berbagai macam motif tergantung dari daerah masing-masing, dan juga memiliki keunggulan tersendiri yang dapat memberika insipirasi kepada banyak orang. Terkadang jika kita meilhat batik (www.berbatik.com) akan menimbulkan perasaan lega tersendiri, menurut penulis jika kita dapat memaknai batik (www.berbatik.com) dengan baik, maka akan mendapatkan sebuah keajaiban tersendiri dalam pandangan seseorang lain-lain tidak mungkin sama.
Warisan nenek moyang ini, sebagai ikon budaya dan juga memiliki filsofi dalam kehidupan, dengan menggunakan canting (www.berbatik.com) para pelukis batik (www.berbatik.com) menggambar dengan penuh rasa yang mendalam, ukiran-ukiran dalam setiap lukisan yang digambarkan dalam helaian kain, pelukis batik menorehkannya dengan makna yang berbeda-beda dalam setiap coretan itu terdapat banyak makna kehidupan yang mendalam. Dalam setiap acara biasanya batik digunakan baik dalam pernikahan maupun pesta khitanan pastinya kebanyakan orang menggunakan batik untuk acaranya tersebut. Di zaman sekarang yang serba canggih dan memanfaatkan tehknologi dengan baik, pastinya batik dapat diakses melalui jejaring sosial baik dalam facebook maupun dalam twitter dan blog. Hal ini dapat mempermudah pencinta batik untuk dapat membeli batik. Misalkan saja para pengusaha yang memiliki butk batik (www.berbatik.com) ataupun toko batik (www.berbatik.com) dapat menjualnya dalam bentuk online (www.berbatik.com). Karena dengan menggunakan sistem ini akan mempermudah para konsumen untuk dapat membeli produl-produk batik (www.berbatik.com). Dengan begitu, jika konsumen telah memesan barang tersebut dua atau tiga hari batik (www.berbatik.com) tersebut telah sampai ke tempat tujuan. Ini sangat memberikan keuntungan besar bagi yang memiliki butik batik (www.berbatik.com) ataupun toko batik (www.berbatik.com) terlebih memiliki online batik (www.berbatik.com).
Batik (www.berbatik.com) juga digunakan oleh pahlawan wanita kita R.A Kartini yang menggunakan batik (www.berbatik.com) motif parang, biasanya batik ini digunakan oleh para bangsawan.
            http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f9/Raden_Adjeng_Kartini.jpg/220px-Raden_Adjeng_Kartini.jpg
               Batik (www.berbatik.com) juga merupakan kerajinan tangan yang memiliki nilai seni tinggi dan juga telah menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya Jawa sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan batik sebagai mata pencaharian mereka, sehingga dengan begitu juga dapat melestarikan budaya Indonesia. Hingga saat ini batik masih dijadikan sebagai warisan budaya yang nomer satu, baik dalam dunia fashion maupun dalam motif mobil, motor. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mencintai batik, karena batik merupakan warisan nenek moyang yang memiliki nilai kemanusiaan yang sangat baik untuk tetap dilestarikan. Dengan adanya berbagai macam motif batik (www.berbatik.com) maka akan memberikan banyak warna dalam pengembangan batik (www.berbatik.com) dalam setiap tahunnya. Model fashion saat ini banyak busana yang dikombinasikan dengan adanya batik (www.berbatik.com) ini membuktikan bahwa batik (www.berbatik.com) masih dapat dilestarikan hingga dapat diadopsi oleh luar negeri.
               Batik (www.berbatik.com) juga sebagai warisan budaya yang terbaik di Indonesia. Didalam batik (www.berbatik.com) memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang sangat luar biasa, misalkan saja dengan motifnya yang menampilkan gambar wanita saling tolong menolong hal ini sangat memberikan pesan kemanusiaan bahwasanya dengan hal itu diharapkan manusia dapat saling tolong menolong. Oleh karena itu diharapkan agar manusia dapat melesetarikan batik dan juga dapat mengikuti panutan yang terdapat dalam corak batik yang memiliki nilai kemanusiaan tinggi, untuk tetapm dilestarikan.





No comments:

Post a Comment